Loading halaman Tutorial Visual Basic, Delphi, PHP - Calon Programer : Fungsi SUM di EXCEL ...

Artikel ini mendeskripsikan sintaks rumus dan penggunaan fungsi (fungsi: Rumus yang ditulis sebelumnya yang mengambil nilai, menjalankan operasi, dan mengembalikan nilai. Gunakan fungsi untuk menyederhanakan dan mempersingkat rumus pada lembar kerja, terutama rumus yang melakukan perhitungan panjang atau kompleks.) SUM di Microsoft Excel.

Deskripsi

Fungsi SUM menambah semua angka yang Anda tentukan sebagai argumen (argumen: Sebuah nilai yang menyediakan informasi untuk sebuah tindakan, kejadian, metode, properti, fungsi atau prosedur.). Setiap argumen bisa merupakan rentang (rentang: Dua atau beberapa sel di sebuah lembar. Sel dalam sebuah rentang bisa berdekatan atau tidak berdekatan.), referensi sel (referensi sel: Kumpulan koordinat yang ditempati sebuah sel pada lembar kerja. Misalnya, referensi sel yang muncul di irisan kolom B dan baris 3 adalah B3.), array (array: Digunakan untuk menyusun rumus tunggal yang menghasilkan beberapa hasil atau yang berjalan pada sekelompok argumen yang diatur dalam baris dan kolom. Rentang array memiliki rumus yang sama; konstanta array adalah sekelompok konstanta yang digunakan sebagai argumen.), konstanta (konstanta: Nilai yang tidak dihitung. Misalnya, angka 210 dan teks "Pendapatan Per Kuartal" semuanya adalah konstanta. Sebuah ekspresi, atau nilai yang dihasilkan dari ekspresi, bukan merupakan konstanta.), rumus (rumus: Urutan nilai, referensi sel, nama, fungsi, atau operator dalam sel yang bersama-sama menghasilkan nilai baru. Sebuah rumus selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=).), atau hasil dari fungsi lain. Sebagai contoh, SUM(A1:A5) menambah semua angka yang ada di sel A1 sampai A5. Contoh lainnya,, SUM(A1, A3, A5) menambah angka yang ada di sel A1, A3, dan A5.





Sintaks


SUM(number1,[number2],...)
Sintaks fungsi SUM memiliki argumen (argumen: Sebuah nilai yang menyediakan informasi untuk sebuah tindakan, kejadian, metode, properti, fungsi atau prosedur.) berikut:
  • number1    Diperlukan. Argumen angka pertama yang ingin Anda tambahkan.
  • number2, ...    Opsional. Argumen angka 2 sampai 255 yang ingin Anda tambahkan.

Keterangan


  • Jika argumen adalah array atau referensi, hanya angka di dalam array atau referensi itu yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, atau teks dalam array atau referensi diabaikan.
  • Jika argumen adalah nilai kesalahan, atau jika argumen adalah teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, Excel akan menampilkan kesalahan.

Contoh

Salin contoh data di dalam tabel berikut ini dan tempel ke dalam sel A1 lembar kerja Excel yang baru. Agar rumus memperlihatkan hasil, pilih datanya, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.
Data
-5
15
30
'5
TRUE
Rumus Deskripsi Hasil
=SUM(3, 2) Menambahkan 3 dan 2. 5
=SUM("5", 15, TRUE) Menambahkan 5, 15 dan 1. Nilai teks "5" pertama-tama diterjemahkan menjadi angka, dan nilai logiks TRUE pertama-tama diterjemahkan menjadi angka 1. 21
=SUM(A2:A4) Menambahkan nilai di sel A2 hingga A4. 40
=SUM(A2:A4, 15) Menambahkan nilai di sel A2 hingga A4, lalu menambahkan 15 ke hasil tersebut. 55
=SUM(A5,A6, 2) Menambahkan nilai di sel A5 dan A6, lalu menambahkan 2 ke hasil tersebut. Karena nilai non-numerik di dalam referensi tidak diterjemahkan — nilai di sel A5 ('5) dan nilai di sel A6 (TRUE) keduanya diperlakukan sebagai teks — nilai di sel tersebut diabaikan. 2
Source:http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/sum-fungsi-sum-HA102752855.aspx

Tagg :

0 Reply :

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan atau request,Komentar pada tab blogger akan lebih memudahkan saya untuk membalasnya karena lebih mudah melakukan pengecekan komentar.