Loading halaman Tutorial Visual Basic, Delphi, PHP - Calon Programer : Macam-macam Struktur Navigasi ...


Struktur navigasi digunakan sebagai penuntun alur sebuah aplikasi multimedia atau dapat pula dianalogikan sebagai diagram alur dalam perancangan bahasa pemrograman. Struktur navigasi berfungsi untuk menggambarkan dengan jelas hubungan dan rantai kerja seluruh elemen yang akan digunakan dalam aplikasi.
Dengan penggambaran Struktur navigasi, pembuatan sebuah aplikasi dapat sistematis dan mudah. Jenis Struktur navigasi dikelompokkan menjadi 4 struktur yang berbeda yaitu linier, hirarki, non linier dan campuran yang mempunyai perbedaan dalam bentuk rangkaiannya.

Merupakan struktur yang hanya memiliki 1 rangkaian cerita yang terurut dan tidak diperkenankan adanya percabangan dan cocok digunakan untuk presentasi multimedia yang tidak terlalu membutuhkan interaktifitas.
Tampilan struktur navigasi linier dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Struktur Navigasi Linier
Navigasi Linier

Struktur navigasi hirarki sering disebut struktur navigasi bercabang, yaitu merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya. Tampilan struktur navigasi hirarki dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Struktur Navigasi Hirarki
Navigasi Hirarki

Struktur navigasi non linier (tidak terurut) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier, hanya saja pada struktur ini diperkenankan untuk membuat percabangan. Percabangan pada struktur non linier berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki, pada struktur ini kedudukan semua page sama, sehingga tidak dikenal adanya master atau slave page. Tampilan struktur navigasi non linier dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Struktur Navigasi Non Linier
Navigasi Non Linear

Struktur navigasi campuran (composite) merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan. Struktur ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia. Tampilan struktur navigasi campuran dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Struktur Navigasi Campuran
Navigasi Campuran





8 Reply :

  1. manteb bener blogya...postingnya juga manteb abis mas ijin buka buka dulu dan salam kenal :)

    BalasHapus
  2. makasih ya mas, sangat membantu saya yg sedang menyusun T.A. slm knl...

    BalasHapus
  3. mas, numpang ambil ya untuk landasan teori TA saya(tentunya sumber di cantumkan :D ), thx ya

    BalasHapus
  4. mas maaf klo pengertian mysql judul buku apa ya? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk judul2 buku coba di cari di website http://achmatim.net/
      disana juga bisa mendownload versi e-book secara gratis

      Hapus

Jika ada pertanyaan atau request,Komentar pada tab blogger akan lebih memudahkan saya untuk membalasnya karena lebih mudah melakukan pengecekan komentar.