Loading halaman Tutorial Visual Basic, Delphi, PHP - Calon Programer : Membobol Password Administrator Windows ...

ComputerSecurity.jpgArtikel ini mengenai membobol password admin windows dtujukan bukan untuk tindakan yang membuat atau merugikan orang lain, Namun membobol password administrator disini hanya untuk pembelajaran, jikalau kita lupa password user untuk komputer yang biasa kita gunakan mungkin bukan masalah besar. Masalah yang lebih besar adalah manakala yang kita lupa adalah password account administrator.

Jika pada sistem operasi Windows NT. 2000 ataupun XP kita mempunyai beberapa account yang mempunyai hak administrator, mungkin lupa salah satu password juga tidak lagi jadi masalah. Tetapi bagaimana jika hanya ada satu account ? Untuk meng-crack password administrator harus diakui memang tidak mudah. Sedangkan pilihan untuk meng-install ulang bukanlah pemecahan yang terlalu bijaksana.
Hanya ada satu jalan pintas lain yang mungkin kita bisa lakukan. Cara tersebut adalah dengan me-reset password administrator menjadi kosong sehingga kita bisa login dangan account administrator tersebut tanpa perlu mamasukkan passwordnya. Utility yang kita gunakan disini adalag chntpw yang merupakan linux on floppy dan bisa di-download dengan gratis dialamat URL http://home.eunet.no/~pnordahl/ntpasswd/bootdisk.html dengan ukuran kurang lebih 1.1 MB.

Setelah selesai di-download, ekstaklah file Zip tersebut. Pada folder tempat eksraksi pada file Zip tadi, jalankan (klik ganda) file install.bat. pada prompt yang muncul, ketikkan drive tempat kita akan meng-install. Karena kita akan menggunakan floppy disk, maka ketikkan: "A" (tanpa tanda kutip). Setelah masukkan sebuah disket yang sudah terformat ke drive A dan tekan [Enter]. Proses instalasi ini akan menghasilkan sebuah bootable floppy disk. Setelah proses penulisan file image ke floppy selesai, silahkan restart PC anda dan lewat BIOS, aturlah agar supaya komputer anda booting dari floppy disk. 

Karena kita hanya akan me-reset password administrator, maka setelah proses booting selesai, sesaat setelah pertanyaan muncul dilayar tekan [Enter] sebanyak lima kali. Dengan begitu kita telah melewati tiga tahap secara sekaligus dengan setting standar yang sudah ada, yakni memilih harddisk, memilih path dan file registry, kemudian memilih opsi untuk mengedit data dan password dalam hal ini adalah account administrator. 

Langkah selanjutnya adalah mengisikan password baru atau me-reset-nya tanpa password, dalam hal ini penulis bahkan pembuat utility ini menyarankan untuk hanya mereset password tanpa menggantinya. Penulis tidak menghalangi jika ada diantara pembaca yang ingin mencoba mengganti password dengan yang baru. Bila sampai disini anda masih ragu apalah ingin mereset password atau tidak, maka langsung saja tekan [Enter], maka password admin yang sudah ada tidak diapa - apakan. Bila kita memilih untuk mengosongkan password, maka ketikan ketikkan tanda asterik : '*' dan tekan [Enter]. 

Atau bila anda ingin mengganti password, silahkan ketikan password yang baru pada prompt dan jangan lupa tekan [Enter]. Setelah itu akan ada konfirmasi apakah kita yakin akan mengganti / mengosongkan password. Apabila anda tidak yakin, silahkan ketikan : 'n', kemudian [Enter] atau langsung saja tekan [Enter]. Jika anda sudah yakin, maka ketikkan : 'y' kemudian [Enter]. Setelah langkah ini, untuk keluar ketikkan tanda seru '!' kemudian [Enter] selanjutnya ketikan : 'q' kemudian [Enter]. 

Selanjutnya akan ada pertanyaan konfirmasi, langsung saja ketikkan : 'y' dan [Enter]. Pesan terakhir yang akan anda dapati adalah ***** EDIT COMPLETE ***** 

Selanjutnya anda akan ditanya apakah akan melakukan beberapa perubahan lagi atau anda ingin mengulanginya karena merasa ada yang tidak berhasil atau ada yang salah. Silahkan anda mengulangi jika memang merasa ada yang salah atau ada yang gagal dengan mengetikkan : 'y' dan [Enter] kemudian anda akan diminta melakukan langkah - langkah tadi mula dari awal. Atau langsung saja menekan [Enter] bila merasa semuanya sudah benar tanpa ada kesalahan atau kegagalan. Langkah terakhir adalah menekan kombinasi tombol mematikan [Ctlr]+[Alt]+[Del] untuk merestart komputer. 

Keluarkan floppy dari drive dan kembalikan setting pada komputer agar melakukan booting dari harddisk, tepatnya booting menggunakan Windows. Sekarang, masuklah ke Windows dengan menggunakan account Administrator dan masukan password yang baru atau tanpa password. Jika anda memilih mengganti dengan password yang baru pada prosedur diatas, kemudian saat login dengan password yang baru sistem menolak anda, cobalah kosongkan kolom password kemudian login. Seharusnya sampai disini berhasil masuk ke desktop. Jika belum, kembalilah booting dengan floppy disk set lah agar password Administrator dikosongkan. 

Apabila anda sudah masuk desktop, maka langkah yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah account baru dengan hak access sebagai administrator. Kalo anda masih khawatir maka buatlah cadangan satu account lagi. Kemudia disable account Administrator yang telah ada agar tidak digunakan oleh pihak -pihak yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya, anda baiknya anda mendisable booting lewat floppy atau CDROM agar orang lain tidak bisa melakukan trik yang serupa pada sistem anda untuk merusak account anda yang baru, baik dengan menggunakan password BIOS atau cara lain yang mungkin untuk dilakukan. 

Pada PC yang digunakan pada warnet atau game center, juga lebih baik mengaktifkan autologin dengan salah satu account user yang tentunya tidak mempunyai access administrator. Sekarang masalah lupa password administrator bukan lagi masalah dan anda bisa bernafas lega.

Selamat mencoba.

Sumber: http://www.frieyadie.com 


Klik Like/share jika anda menyukai tulisan Share


2 Reply :

Jika ada pertanyaan atau request,Komentar pada tab blogger akan lebih memudahkan saya untuk membalasnya karena lebih mudah melakukan pengecekan komentar.