Loading halaman Tutorial Visual Basic, Delphi, PHP - Calon Programer : Penggunaan SQL dalam VB ...

Dalam bab sebelumnya, kita telah belajar untuk menggunakan Control datagrid untuk menampilkan data dari database di lingkungan Visual Basic 6. Namun, tidak memungkinkan pengguna untuk mencari dan memilih informasi yang mereka ingin lihat. Dalam rangka untuk mencari suatu informasi tertentu, kita perlu menggunakan query SQL. SQL singkatan dari Struktur Query Language. Menggunakan kata kunci SQL, kita dapat memilih informasi spesifik yang akan ditampilkan berdasarkan kriteria tertentu. Kata kunci SQL yang paling mendasar adalah SELECT, digunakan bersama dengan kata kunci DARI untuk memilih informasi dari satu atau lebih tabel dari database. Sintaksnya adalah:

SELECT fieldname1,fieldname2,.....,fieldnameN FROM TableName
fieldname1, fieldname2,...... fieldnameN adalah pos dari kolom dari tabel database. Anda dapat memilih jumlah fieldname dalam query. Jika Anda ingin memilih semua informasi, Anda dapat menggunakan sintaks berikut:

SELECT * FROM TableName

Dalam rangka untuk menggambarkan penggunaan query SQL, memungkinkan membuat database baru di Microsoft Access dengan nama file berikut ID, Judul, Penulis, year, ISBN, Penerbit, Harga dan menyimpan meja sebagai buku dan database sebagai books.mdb dalam folder yang ditunjuk.
Selanjutnya, kita akan mulai Visual Basic dan memasukkan kontrol ADO, datagrid dan tiga tombol perintah. Nama tombol perintah tiga sebagai cmdAuthor, cmdTitle dan cmdAll. Ubah keterangan mereka untuk Tampilan Penulis, Judul Ditampilkan Buku dan Tampilan Semua masing-masing. Anda juga dapat mengubah caption dari bentuk untuk Buku Saya. Penampakan desain ditunjukkan di bawah ini:
Form
Gbr1

Sekarang Anda perlu menghubungkan database ke kontrol data ADO. Namun, Anda perlu membuat satu perubahan. Pada halaman kotak dialog properti ADODC, klik pada tab RecordSource dan pilih 1-adCmdText bawah ketik perintah dan di bawah Komando (SQL) kunci Teks di SELECT * FROM book.
Form
Gbr2


Selanjutnya, klik pada perintah buttton cmdAuthor dan kunci dalam pernyataan berikut:

  1. Private Sub cmdAuthor_Click()  
  2. Adodc1.RecordSource = "SELECT Author FROM book"  
  3. Adodc1.Refresh  
  4. Adodc1.Caption = Adodc1.RecordSource  
  5.   
  6. End Sub  
dan untuk tombol perintah cmdTitle, key in
  1. Private Sub cmdTitle_Click()  
  2.   
  3. Adodc1.RecordSource = "SELECT Title FROM book"  
  4. Adodc1.Refresh  
  5. Adodc1.Caption = Adodc1.RecordSource  
  6.   
  7. End Sub  
Terakhir untuk cmdAll tombol perintah, key in
  1. Private Sub cmdAll_Click()  
  2.   
  3. Adodc1.RecordSource = "SELECT * FROM book"  
  4. Adodc1.Refresh  
  5. Adodc1.Caption = Adodc1.RecordSource  
  6.   
  7.   
  8. End Sub  
Sekarang, jalankan program dan ketika Anda klik pada tombol Display Author, hanya nama Author akan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Gbr3
dan ketika Anda klik pada tombol Display book, hanya judul buku akan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Gbr4
Terakhir, klik pada tombol Display All dan semua informasi akan ditampilkan.
Gbr5



Like This
Klik Like/share jika anda menyukai tulisan Share

Tagg :

0 Reply :

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan atau request,Komentar pada tab blogger akan lebih memudahkan saya untuk membalasnya karena lebih mudah melakukan pengecekan komentar.