Loading halaman Tutorial Visual Basic, Delphi, PHP - Calon Programer : Cara Membuat file Help ...

Sebuah program yang baik tentu saja bersahabat dengan pengguna. Ketika pengguna kesulitan dalam menggunakan program, ingin mendapatkan penjelasan mengenai sebuah form dan lain-lain. Maka yang paling dicari oleh pengguna adalah dokumentasi dari program. File Help.
Saya akan buatkan sebuah program yang dilengkapi dengan file help serta cara pemanggilan file help tersebut. Pertama-tama yang kita butuhkan adalah file help itu sendiri. File help (.hlp) bisa dibuat dengan berbagai macam perangkat lunak Salah satunya adalah Help Maker 7.
Hal yang menjadi perhatian kita dalam pembuatan file help adalah Help Context Id. Help context id digunakan untuk mengidentifikasi konten help yang kita maksud. Misalkan Materi tentang pembukaan program (pengenalan) memiliki Context ID=1, sedangkan keterangan tentang form penjualan ada di Context ID=3.

Help Context ID dalam Help Maker 7.3
Saya buatkan sebuah help sederhana dengan 2 buah context ID:
30: untuk Awal Program
40: untuk Form 1
Setelah file help selesai kita buat, saatnya untuk membuat sebuah project baru. Kemudian copy file .hlp tersebut kedalam direktori project.

Copy File Help kedalam direktori program
Langkah selanjutnya pada project Explorer Klik kanan nama proyek, kemudian pilih Properties. Sehingga memunculkan jendela properties project. Klik tombol browse untuk memilih nama file .hlp yang akan kita gunakan.

Browse Help File Name
Pada masing-masing form, atur properties HelpContextID nya sesuai dengan Help Context ID yang ada pada file .hlp. Setiap pengguna menekan tombol F1 pada form maka otomatis file help akan dimunculkan beserta dengan context ID yang dimaksud.

Mengatur properties HelpContextID pada masing-masing form.


4 Reply :

Jika ada pertanyaan atau request,Komentar pada tab blogger akan lebih memudahkan saya untuk membalasnya karena lebih mudah melakukan pengecekan komentar.